sulit nyari lirik yang kamu mau cari? gunain search engine dibawah ini. dengan format nama Band atau judul lagu atau semuanya.

Cari Blog Ini

tutorial membuat header

Selasa, 07 Juni 2011

postingan yang kali ini mungkin agak "nganar" karena postingan yang kali ini bukan membahas tentang band indie ataupun liriknya. jadi di postingan kali ini, aku akan membahas tentang header yang diatas. mungkin ga menarik bagi kalian yang bisa, tapi cukup bermanfaat bagi yang ga bisa pake photoshop.

yap, header di atas dibuat pake photoshop CS 5. dan gambar-gambar yang ada juga hasil buatan ku sendiri yang sudah ku posting sebelumnya di KARYA KU dengan bantuan software lain. tapi jangan berharap lebih aku bakal ngasih screenshot nya, karena kalo ku kasih pasti loading blog ku bakalan berat. akhir-akhir ini juga temen-temen ngeluh gara-gara bukanya lama. dan sekarang udah ada sedikit perombakan di desain dan widget yang ku gunakan.

oke fine, kita bahas tentang header diatas.
  • pertama yang ku lakuin ya itu nyalain laptop ku, terus buka photoshop CS 5 yang baru beberapa hari ku instal
  • kedua, klik new file dengan ukuran yang telah ku perkirakan sebelumnya, yakni tinggi 340 x lebar 930 pixel. inget, file yang ini menjadi tempat berlabuhnya bagi file-file lain. ehm kita kasih nama "baru".
  • ketiga, ku import kan gambar dengan cara menyeretnya dari windows explorer dan menjatuhkannya ke photoshop. lihat sisi atas dibawah menu dan toolbar. ada nama file dan tanda close [x]. klik dan tahan nama file tersebut kemudian tarik agak ke arah bawah biar terlepas dari dock-nya. lakukan hal yang sama jika terjadi hal itu. ehmm... ini membuat photo yang akan kita edit mempunyai window sendiri dan terpisah dari photoshop CS 5. tapi ini akan memudahkan kita dalam menyeret layer-layer yang kita perlukan dari file lain.
  • keempat, aku membuka file gambar orang yang sedang memegang gitar tersebut. aku membuatnya berformat .png biar transparan. kalo kamu ga punya file yang seperti itu, maka kamu harus melakukan selection sort. kamu bisa gunakan magic wand sesuai yang bagi kamu mudah menggunakannya disisi sebelah kiri.
  • kelima, tekan ctrl + j pada keyboard untuk menduplikasi gambar tersebut. kemudian klik kanan dibagian kanan layar tepatnya di layer misalkan namanya background copy. terus pilih blending propertis. nanti akan muncul window baru. coba kamu kreasikan sendiri apa yang kamu butuhin. di header di atas aku menggunakan efek inner shadow, dan outer shadow biar keliatan lebih nyata. seteleh pekerjaan ku selesai pada gambar yang ini, tarik layer background copy ke arah window baru dan lepaskan setelah
    pointer seperti ini [+] . selesai.
  • keenam, aku melakukan hal yang sama pada gambar orang yang ada di sebelah kiri dan kanan.
  • ketujuh.  aku menambah gambar dari file yang bernama akuma1.png. jika kamu belum ada, maka buatlah dengan cara berikut. tekan ctrl + N pada keyboard untuk membuat file yang baru. trus ok ajalah biar ga kelamaan. trus tekan ctrl + shift + N . layer ini sifatnya transparan, maka kita akan bekerja dilayer ini. klik painting pada toolbar di sebelah kanan atas. nanti akan muncul beberapa tipe brush, lalu pilih yang kamu sukai. disini juga bisa kamu tambahkan beberepa efek buatan, kalo ga salah namanya preset brush. pokoknya ikon nya seperti wadah kuas. terus buatlah tulisan yang kamu inginkan, misalnya akuma shinda. jika kamu sudah selesai membuatnya, klik kanan pada layer 1 trus blending propertis lagi. dan tambahkan efek sesuai yang kamu inginkan. dan tarik lagi layer 1 tersebut ke file "baru" yang kita buat tadi.
  • kedelapan. klik pada layer background di file "baru" ini. ini sama dengan mengaktifkannya.
    trus kamu beri warna yang kamu inginkan  dengan paint bucket atau apa... kalo kamu ga tau ada pilihan dipaint bucket, klik kanan pada paint bucket tersebut. nanti akan muncul pilihan satu lagi.
    jika sudah tambahkan efek dengan blending propertis sesuai kreasimu.
  • kesembilan. simpan file "baru tersebut dengan format .psd jika kamu ingin melakukan perubahan dikemudian hari. dan simpan lagi kedalam format png atau jpg sesuai kebutuhan kamu.
  • kesepuluh. terserah kamu mau kamu apain file-file yang lain , yyang telah kita edit tadi. simpan jika merasa bagus, ga usah simpan kalo ga perlu. inget ya, penyimpanan pada format png berarti file tersebut bisa transparan, tapi jika disimpan dengan format jpg, maka bagian yang kosong itu akan berisi warna putih.
sekian dan terimakasih telah membaca postingan tutorial membuat header ini. mungkin lain kali, aku akan berbagi pengetahuan lagi melalui tulisan ku.
best regard
//\\//\\//\\//\\//\\//\\   
      \\//\\//\\//\\//\\//\\// 
akuma shinda

0 tanggapan tentang ini:

Posting Komentar

lirik-lirik lagu yang ada di blog ini dari berbagai sumber. bisa dari bandnya sendiri , dari masbro taxlans, dan dari upaya mendengarkan sendiri. terima kasih atas partisipasinya masbro skalian, majukan musik indie di kota sendiri !!!



Akuma Shinda
 
Free Domain Name